Senin, 05 April 2021

Digital Marketing


Digital Marketing mengacu pada kegiatan pemasaran atau promosi untuk merek atau produk yang menggunakan media digital atau internet. Tujuan pemasaran digital adalah menarik konsumen dengan cepat. Seperti yang kita ketahui bersama, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat tinggi, sehingga tidak heran jika kegiatan digital marketing menjadi pilihan utama perusahaan. Dengan bantuan pemasaran digital, dapat lebih mudah memasuki pasar sasaran yang lebih luas, membutuhkan biaya lebih rendah, dan melakukan komunikasi dua arah dengan calon pelanggan. Dengan kemajuan teknologi, trend dunia bisnis menjadi semakin beragam. Salah satunya adalah tren digital marketing. Lantas, seberapa pentingkah digital marketing di perusahaan yang menjual produk tertentu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa menyimak penjelasan berikut untuk memahaminya dengan jelas. Pemasaran digital adalah penggunaan media digital atau internet untuk melakukan kegiatan pemasaran atau promosi merek atau produk. Alhasil, perusahaan saling bersaing untuk menciptakan konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasaran di dunia maya.

Internet dan teknologi. Jika kita mendengar dua kata ini, yang pertama terlintas di benak kita adalah media sosial. Tahukah Anda bahwa selain media sosial, internet dan teknologi memainkan peran yang sangat besar saat ini dan di masa depan. Internet dan teknologi bisa ada dimana-mana. Hari ini, saya bisa merasakan saya masih melihat bahwa masyarakat yang dulu membeli makanan dengan cara tradisional atau langsung ke tempat kini telah menjadi jasa pengiriman yang disediakan dan dibantu oleh beberapa fasilitas teknis online yang biasa digunakan, melalui telepon genggam kita, dan teknologi masa depan.

Di bidang profesional, dampak teknologi informasi sangat besar.Seperti yang telah kita saksikan, dengan maraknya bidang teknologi informasi, banyak pekerjaan baru yang membutuhkan keahlian di bidang tersebut, yang juga dapat mengurangi masalah sosial yang sangat umum saat ini. Yaitu pengangguran.Di antara berbagai pekerjaan baru, kita akan membahas salah satu jenis pekerjaan di blog ini, yaitu digitalisasi.
Pekerjaan pemasaran digital pada dasarnya adalah pekerjaan pemasaran tradisional, namun dengan munculnya teknologi informasi maka pekerjaan tersebut seperti jabatan senior yaitu pekerjaan pemasaran, namun dengan penggunaan teknologi yang ada saat ini, maka pekerjaan pemasaran digital mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penjualan barang. . Produk, dan jika Anda ingin menduduki posisi ini, Anda harus memiliki kemampuan iptek informasi yang andal, asalkan orang dengan kemampuan pekerjaan yang sesuai dapat sangat meningkatkan penjualan produk perusahaan.

Bagi pengusaha muda, kebutuhan digital marketing sangatlah penting. Mengapa ini sangat penting? Karena di era disruptif ini, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi adalah hal yang harus dan harus kita pahami dan lakukan sebagai bagian dari strategi pemasaran dalam dunia wirausaha. Artinya, pemasaran digital dapat digunakan untuk berbagai jenis bisnis, dapat secara efektif meningkatkan pendapatan, dapat menjangkau konsumen sasaran tertentu, dapat menggunakan peralatan apa pun yang digunakan, dan dapat membantu membangun merek di perusahaan.
Kemudian, keadaan Indonesi saat ini ditengah pandemi Covid-19, kehidupan semakin sulit dan membuktikan pentingnya digital marketing bagi dunia wirausaha. Misalnya, ketika seseorang tidak dapat mengakses media promosi atau media pemasaran tertentu secara konvensional, yang harus dilakukan adalah menggunakan sistem media digital. Dalam pandemi Covid-19, media digital atau digital marketing menjadi satu-satunya solusi. Alhasil, mereka memang mendapatkan peluang terbuka dan juga memberikan peluang bagi para pengusaha untuk terus menggunakan media digital untuk mempromosikan atau memasarkan produk.
Rancang strategi atau biasa disebut dengan strategic plan yang harus kita lakukan untuk membuat bisnis kita berkembang. Dengan cara ini, produk kita akan dikenal masyarakat luas, dan kita bisa bersaing dengan kompetitor di lingkungan.

Adapun bagaimana cara menggunakan sistem pemasaran SOSTAC untuk merancang dan merencanakan dalam pemasaran digital. SOSTAC (Situation Analysis, Target, Strategy, Tactics, Action, Control) adalah model rencana pemasaran yang dapat lebih efektif mengimplementasikan pemasaran digital perusahaan untuk pemasaran produk. SOSTAC juga dapat digunakan sebagai kerangka perencanaan untuk mengidentifikasi masalah pemasaran dalam pemasaran produk. Singkatnya, sejarah SOSTAC pada awalnya dikembangkan oleh Paul R. Smith pada tahun 1990-an.

1. Situation Analysis
Ini bertujuan untuk menganalisis situasi proses pemasaran perusahaan yang sedang berlangsung. Pada tahap pertama, perusahaan berperan mengumpulkan berbagai informasi dan data yang dibutuhkan untuk kondisi internal dan eksternal perusahaan sehingga dapat memahami status perusahaan dalam kondisi pasar (pasar) yang sebenarnya. Pada tahap ini, kita dapat menguraikan organisasi kita dan mencapai tujuan ini. Kita dapat menggunakan metode berikut untuk mendapatkan efek terbesar. Misalnya analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats)

2. Objectives
Fokus dari tahap ini adalah pada tujuan yang terukur dan realistis yang ingin dicapai melalui strategi yang diusulkan. Gunakan metode 5S untuk menentukan strategi. 5S adalah singkatan dari  Sell, Serve, Speak, Save, and Sizzle. Kemudian rumuskan setiap variabel SMART (Specific, Measurable, Actionable, Relevant, dan Time-relate)

3. Strategy
Strategi adalah cara perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan tujuan bersama. Rencana strategis akan menggunakan metode STOP dan SIT. STOP (Segment, Target Market, Online Value Proposition, dan Positioning). Strategi dibentuk dengan menggunakan SIT (Sequence or Stage, Integration dan Tools)

4. Tactics
Taktik adalah penjelasan rinci tentang langkah-langkah atau tahapan yang akan digunakan untuk mengimplementasikan strategi yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran digital. Untuk mencapai tujuan ini, gunakan Marketing Mix 7P, yang berfokus pada atribut utama yang perlu diperhatikan perusahaan untuk mencapai tujuannya. 7P Marketing Mix adalah  Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Partnerships.

5. Action
Pada tahap ini, strategi yang dirumuskan dalam bentuk tindakan terukur di pasar sebenarnya dijalankan. Hal ini dapat dilakukan dalam bentuk rangkaian alur kerja terstruktur dan terencana seperti  flow chart, gantt chart, table activity based time, dan sama pentingnya untuk mempersiapkan manajemen risiko yang mungkin terjadi selama penerapan taktik di lapangan dan mempersiapkan siapa dan siapa Waktu dan bagaimana bertanggung jawab untuk setiap bisnis, proses, rencana anggaran, dan alokasi sumber daya yang rinci untuk meminimalkan hal-hal yang dapat menghambat pencapaian tujuan perusahaan.

6. Control
Tahap terakhir, proses pengendalian, merupakan tahapan di mana tindakan yang diambil sesuai dengan tujuan perusahaan secara berkala dicek atau dievaluasi apakah berhasil atau tidak maksimal. Saat menerapkan semua strategi, harap perhatikan strategi yang telah ditetapkan dan kendalikan. Ini juga bisa disebut sebagai Key Performance Indicator (KPI).

Kesimpulan

Digital Marketing atau Pemasaran Digital, saat ini merupakan suatu keharusan untuk dilakukan bagi semua perusahaan dan merupakan strategi pemasaran yang efektif..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Digital Enterpreneurship

  Digital Enterpreneurship Perusahaan makanan memerlukan teknolgi yang signifikan karena produk mudah rusak dan kita memerlukan suhu yang d...